Serdadu Band Kibarkan Bendera Oi Tulang Bawang | Pojok Berita


Kamis, 18 Februari 2016

Pukul  01:25 WIB

TULANG BAWANG TENGAH (Komunitas Pojok Tulangbawang Barat — Udara kering dan terik matahari yang menyengat terkadang membuat gerah orang apalagi waktu menunjuk pertengahan hari, kondisi kurang nyaman tiba-tiba bergeser dengar alunan musik berirama semi country. Di panggung barisan anak muda kelompok pemusik dengan performa sederhana asyik mengalunkan lagu-lagu balada.

Serdadu Band, kelompok anak muda yang memfavoritkan penyanyi dan pencipta lagu legendaris Indonesia Iwan Fals terus melantunkan lirik-lirik lagu bernada kritik sosial. Serdadu Band memang tidak akan lepas dari nama besar musisi itu.

Menurut Eko Prihanto, Ketua Dewan Pembina Badan Pengurus Kota (BPK) Orang Indonesia (Oi) Serdadu Band adalah salah satu kelompok dari sekian banyak kelompok yang yang terbentuk dan jadi bagian tak terpisahkan dari Oi yaitu organisasi yang mewadahi penggemar-penggemar Iwan Fals.  Ia menyebut Serdadu Band merupakan cikal bakal terbentuknya organisasi Oi di Tulang Bawang.

“Kantor Badan Pengurus Pusat (BPP) Oi berada di Leuwinanggung-Depok, Jawa Barat. Bermula dari kelompok Serdadu inilah kemudian terbentuk kelompok-kelompok lain yang kesemuanya diberi nama sesuai lagu-lagu ciptaan Iwan Fals,” terang Eko Prihanto di Unit

II, Minggu (14/2/2016).

Menurut Eko keanggotaan BPK Oi Tulang Bawang kini berkisar 237 orang, kini telah terbentuk beberap kelompok seperti; Kelompok Serdadu beranggotakan 25 orang, Kelompok Berandal Malam beranggotakan 25 orang, Sugali 35 orang, Manusia Setengah Dewa  25 orang, Mata Dewa  25 orang, Cikal  15 orang, Merah Putih 17  orang. Tak hanya itu kini juga sudah terbentuk Kelompok Nona beranggotakan 16 orang, Kelompok Suara Fals beranggotakan 14 orang dan Kelompok Berandal Malam Bratasena beranggotakan 40 orang.

Eko juga memaparkan Oi tidak hanya berkiprah di musik saja beberapa agenda rutin dan berkala maupun bersifat insidential kerap digelar. Diantara kegiatan-kegiatan tersebut yang pernah diikuti Kelompok Serdadu diantaranya; menghadiri Jambore Nasional (JamNas) Oi di Kuningan Jawa Barat, donor darah, penghijauan/menanam pohon dan gotong royong, santunan yatim-piatu, pengajian, gelaran musik, mengikuti Rapat Pimpinan Nasinal (RAPIMNAS) di leuwinanggung, Depok.

“Kami juga sudah mempunyai lapangan olah raga, seperti futsal, volley, takraw dan bulu tangkis yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum,” kata Eko Prihanto bangga.

Selain itu Eko Prihanto juga memaparkan kegiatan-kegiatan Oi lainnya dibidang usaha yang dapat menambah penghasiln anggota, diantaranya; jasa sewa bunga papan, sablon (Kaos,Bendera Dll), team marketing di percetakan dan konveksi, café serdadu, martabak Oi, roti bakar Oi dan jasa entertainment (jasa band).

Terpisah, Ketua BPK Oi Tulang Bawang, Andri Wijaya menjelaskan organisasi Oi mengnut 5 pilar SOPAN. Ia mengurai yng dimaksud SOPAN adalah Seni, Olahraga, Pendidikan, Akhlak dan Niaga. Oi Tulang Bawang terbentuk dengan tujuan untuk ; 1). mengajak generasi muda turut serta aktif dalam sosial, kemasyarakatan, dan mendukung pemerintahan; 2). mewadahi kegiatan-kegiatan generasi muda yang mempunyai kemampuan, minat dan bakat dalam seni musik; dan 3). mengajak generasi muda untuk belajar berorganisasi.

Ia juga menerangkan meskipun Kabupaten Tulang Bawang kini sudah dimekarkan menjadi Mesuji dan Tulang Bawang Barat ia menyebut Oi belum berencana memisahkan diri.

“Hingga saat ini kami masih kompak  menjalankan roda organisasi atas nama Oi Tulang Bawang,” pungkas Andri Wijaya. (ES).

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar